BERITA

  • SMAN 2 PAYAKUMBUH - SEJARAH BERDIRI

    SMAN 2 PAYAKUMBUH - SEJARAH BERDIRI

    Bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota, nama SMA N 2 Payakumbuh ( dahulunya SMA 3 Payakumbuh ) sudah sangat mereka kenal, hal ini  tidak lain disebabkan prestasi prima yang diraih sekolah ini baik dalam bidang akadamik maupun dalam bidang ekstra kurikuler.

    Sekolah yang berlokasi di bukit Sitabur, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh ini merupakan satu - satunya SMA di Sumbar yang memiliki kampus yang strategis dan indah. Kampusnya yang unik menepati sebagian hamparan dan kaki bukit sitabur yang dihiasi oleh pohon - pohon Flamboyan, sehingga warga SMA N 2 Payakumbuh menjulukinya : "Kampus Flamboyan ".

    Kampus SMA N 2 Payakumbuh di Bukit Sitabur ini mulai diresmikan pemakaiannya pada tahun 1974. Pada mulanya sekolah ini bernama Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan ( SMPP ) Payakumbuh, SMPP merupakan SLTA umum seperti halnya SMA dengan kurikulum sama dengan SMA dan ditambah keterampilan. untuk mendukung program keterampilan ini maka SMPP dilengkapi dengan fasilitas - fasilitas keterampilan dan laboratorium IPA yang canggih berasal dari proyek Pelita Bantuan Luar Negeri ( UNICEF dan Jepang ) Kurikulum SMPP hanya berjalan sampai tahun 1975. pada tahun 1976 dengan adanya SK Mendikbud RI, maka disemua SMA dan SMPP diberlakukan kurikulum yang sama yang dikenal dengan nama Kurikulum SMA tahun 1975. dengan demikian antara SMPP dengan SMA sebetulnya tidak ada lagi perbedaan selain nama. Pada masa ini SMPP juga melahirkan SMA  1 Negeri Tanjung Pati dan merintis SMA Filial di pekan rabaa ( sekarang SMA 1 Lareh Sago Halaban )

    Pada tahun 1985 SMPP seluruh Indonesia dirubah nama menjadi SMA Negeri sehingga SMPP 25 Payakumbuh berubah nama menjadi SMA Negeri 3 Payakumbuh dan pada tahun 1997 kembali terjadi perubahan nama sekolah menjadi SMU Negeri 2 Payakumbuh, dan selanjutnya pada tahun 2004 nama sekolah ini diubah lagi menjadi SMA Negeri 2 Payakumbuh sampai sekarang.

    Pada tahun 2010 sekolah ini menjadi sekolah penanggung jawab pelaksanaan belajar mengajar SMA N 4 Kota payakumbuh yang baru dibuka oleh Dinas Pendidikan, begitu juga pada tahun 2012 Dinas Pendidikan kembali membuka sekolah baru yaitu SMA N 5 Payakumbuh yang pelaksanaannya dipercayakan pada SMA N 2 Payakumbuh

    Sampai sekarang sekolah ini telah di pimpin oleh 9 (sembilan) orang Kepala sekolah, 1.Bapak Basyiruddin (1974 s.d 1980) 2. Bapak Yohanis (1980 s.d 1985) 3. Bapak Azwar Uddin (1985 s.d 1991) 4. Drs. H. Irman Zen (1992 s.d 1997) 5. Drs. H. Ridwan Janur (1999 s.d 2003) 6. H. Hasan Basri SY, S.Pd (2003 s.d 2007) 7. Drs. H. Syafruddin Dt. Karaiang (2007 s.d 2009) 8. Drs. H. Yunaidi, M.Pd (2009 s.d 2014) 9. Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si (2014 s.d sekarang).

    Diusia yang telah menginjak 40 tahun lebih sekolah ini terus berkembang ke arah yang lebih baik, dengan telah di capainya banyak prestasi dalam bidang akademik maupun non akademik pada tingkat kota, provinsi maupun nasional, serta pembangunan infrastruktur sekolah yang memadai dan terciptanya lingkungan sekolah yang asri,sejuk dan nyaman sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar. Sebagai bukti nyata sekolah ini pada tahun 2014 mendapat 3 penghargaan tingkat Nasional, pertama Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Presiden RI karena pencapainnya dalam menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan, kedua Sekolah Sehat Nasional dari Mentri Kesehatan dan Mentri Pendidikan, ketiga Sekolah Pengembangan Pendidikan Agama Islam dari Mentri Agama RI karena sukses dalam mengembangkan nilai-nilai religius pada warga sekolah.

    Demikian sekilas tetantang sejarah dan perkembangan SMA 2 Payakumbuh, yang sekarang telah berkembang dengan posisi semakin mapan, dan menjadi idaman bagi tamatan SMP sederajat dikawasan ini.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks