HALAMAN

  • B. PROGRAM UNGGULAN SMAN 2 PAYAKUMBUH

    SMAN 2 Payakumbuh mempunyai visi Berprestasi, terampil di bidang IPTEK, Kompetitif, berakhlak  mulia dan berwawasan lingkungan berdasarkan IMTAQ dan misi Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik kini dan mendatang .

     

    Untuk mencapai visi tersesebut SMAN 2 Payakumbuh mempunyai program unggulan diantaranya :

    1. Olimpiade Sains

    Salah satu prestasi SMAN 2 Payakumbuh adalah pada ajang olimpiade sains Nasional baik olimpiade sains siswa ataupun guru. Beberapa tahun terakhir SMAN 2 Payakumbuh selalu berkiprah pada olimpiade sains tingkat nasional.

     A. Pembinaan Tingkat Kota

    • Siswa yang lolos seleksi  akan  ditempatkan pada bidang studi yang diminati dan sesuai dengan kemampuan siswa
    • Siswa akan dilatih  intensif dengan jadwal tetap setiap minggu oleh guru pembina olimpiade
    • Setiap bulannya siswa juga akan dilatih oleh Tim pembina olimpiade propinsi yang didatangkan oleh sekolah
    • Siswa juga mendapat pelatihan dari  Dinas  Pendidikan Kota Payakumbuh

    B. Pembinaan Tingkat Propinsi 

    • Siswa yang lolos untuk tingkat propinsi akan mendapatkan pelatihan  Super intensif  yang dilakukan di Parung Bogor  / LOPI/ TOBI dan  oleh Pembina olimpiade  profesional  selama 8 hari. Dengan didanai oleh Sekolah dan bekerja sama dengan Orang Tua siswa
    • Siswa juga mendapatkan pelatihan di Padang selama 1 Minggu oleh Tim Pembina olimpiade propinsi

    C. Pembinaan Tingkat Nasional

    • Siswa yang lolos untuk tingkat  Nasional dikirim ke Bandung  selama 5 hari  untuk dilatih oleh Tim Pembina Olimpiade Profesional   dan berpengalaman , yang didanai oleh sekolah.
    • Siswa juga mendapat pelatihan dari Dinas propinsi selama 1 minggu sebelum menuju olimpiade Tingkat Nasional

     

    2. Kelas SBMPTN

    Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat dilakukan dengan 3 jalur yaitu SeleksiNasional (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PerguruanTinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri yang dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi Negeri tertentu. Jalur SNMPTN dapat diikuti oleh semua peserta didik seluruh Indonesia. Pada jalur ini Perguruan Tinggi sudah punya kriteria tersendiri untuk menerima calon mahasiswa peserta didiknya, diantaranya adalah akreditasi sekolah, prestasi sekolah, nilai akademik peserta didik dan prestasi peserta didik serta nilai akademik alumni di Perguruan Tinggi yang bersangkutan.Namun untuk menembus Perguruan Tinggi favorit di Indonesia melalui jalur ini masih didominasi oleh sekolah-sekolah tertentu di wilayah Jawa dan sebagian kecil Sumatera. Jalur SBMPTN juga dapat diikuti oleh seluruh peserta didik yang telah menamatkan pendidikan tingkat menengah atas. Pada jalur ini peserta didik wajib mengikuti tes tertulis dan tes ketrampilan untuk program studi tertentu. Sedangkan jalur mandiri hanya dilakukan oleh Perguruan Tinggi tertentu saja yang juga dapat diikuti oleh seluruh peserta didik di Indonesia, namun pada jalur ini peserta didik perlu mempersiapkan finansial yang cukup besar.

    Dari ketiga jalur di atas, jalur SBMPTN memberikan peluang yang lebih besar kepada peserta didik untuk dapat menembus Perguruan Tinggi favorit di Indonesia. Untuk dapat masuk Perguruan Tinggi melalui jalur ini, peserta didik harus melakukan persiapan yang matang secara fisik dan psikis serta terlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu SMAN 2 Payakumbuh membentuk kelas sukses SBMPTN yang bertujuan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis untuk menghadapi persaingan masuk perguruan tinggi pavorit dalam dan luar negeri dengan peserta didikdari seluruh daerah di Indonesia. Beberapa program yang sudah dijalankan pada kelas SBMPTN ini adalah tes Toefl tiap tahunnya, temu psikologi, ESQ, Motivasi belajar, sosialisasi perguruan tinggi, try out tiap 2 bulan sekali, belajar tambahan untuk bidang studi yang di uji pada UN dan SBMPTN, out bond dan studi kampus. Saat ini sudah terbentuk 4 kelas SBMPTN yaitu 2 kelas di kelas 10 dan 2 kelas di kelas 11.

    3. Kesenian Trdisional

    SMAN 2 Payakumbuh juga sangat peduli dengan bakat seni dari peserta didiknya. Salah satu wadah yang dapat dipakai untuk menyalurkan bakat mereka adalah sanggar seni tradisional. SMAN 2 Payakumbuh bekerja sama dengan pelatih yang didatangkan khusus untuk melatih peserta didik untuk menekuni bidang seni tradisional diataranya randai dan seni tari

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA